20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran
shares
20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran - Assalamu'alaikum sahabat Garitan di manapun berada. Selamat datang di blog pribadi ini. Oke, artikel yang sedang sahabat baca saat ini berjudul 20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran, artikel ini ditulis dengan penuh perasaan, dan semoga sahabat semua dapat memahami informasi yang disajikan di dalamnya. Oh iya, kata kunci untuk memahami isi artikel ini adalah
Info Guru, selamat membaca.
Judul : 20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran
link : 20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran
20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran
sumber gambar: pexels.com |
20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran_ Rekan Guru yang berbahagia, Dalam peranannya guru hendaknya mampu melakukan penanganan pada kelas, karena kelas dijadikan sebagai lingkungan belajar perlu diorganisasikan, berjalanya suatu pendidikan yang evektif adalah keinginan seorang pengajar, situasi dan kondisi belajar yang nyaman dan tidak mengalami ketegangan adalah harapan bagi para peserta didik dan para pengajar. Untuk itu diperlukan ice breaking guna mengatasi kejenuhan peserta didik.
Ice breaking sebagai perpaduan dua kata dalam bahasa inggris memiliki makna "Memecah Es" . Menurut Syam Mahfud dalam buku Pengembangan Video Ice Breaking Sebagai Media Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial, Ice Breaking merupakan suatu aktivitas kecil dalam suatu acara yang bertujuan agar peserta mengenal peserta lain dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya dan tidak merasa asing dalam suatu kegiatan. Dari pendapat tersebut bisa disimpulkan bahwa ice breaking dijadikan sebagai usaha untuk memecah beku/kaku agar peserta didik merasa nyaman dan tenang dengan lingkungannnya.
Ice breaking dilaksanakan dengan tujuan agar dapat menciptakan kondisi-kondisi yang aktual (setarap) antara sesama peserta didik, menghilangkan sekat-sekat pembatas atau dinding-dinding di antara para peserta didik, terciptanya kondisi yang dinamis, serta menimbulkan kegairahan (motivasi) dan memancing minat belajar para peserta didik.
Berikut ini adalah 20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran
1. Permainan Ice breaking "Tidak dan Iya"
Adapun aturan permainan Ice breaking "Tidak dan Iya" ini adalah sebagai berikut:
Ice breaking dilaksanakan dengan tujuan agar dapat menciptakan kondisi-kondisi yang aktual (setarap) antara sesama peserta didik, menghilangkan sekat-sekat pembatas atau dinding-dinding di antara para peserta didik, terciptanya kondisi yang dinamis, serta menimbulkan kegairahan (motivasi) dan memancing minat belajar para peserta didik.
Berikut ini adalah 20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran
1. Permainan Ice breaking "Tidak dan Iya"
Adapun aturan permainan Ice breaking "Tidak dan Iya" ini adalah sebagai berikut:
- Peserta dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang.
- Guru menjelaskan aturan permainan
- Guru menyiapkan sejumah kata yang harus ditebak siswa
- Satu siswa dalam setiapa kelompok bertugas bertanya lewat serangkain kata Misal kata “apel”. Apakah bisa dimakan?, apakah bisa dipakai?, apakah kecil? Dan seterusnya.
- Siswa yang lain hanya harus menajwab tidak atau iya terkait pertanyaan yang diajukan.
- Guru memberi batas waktu pada tiap kelompok untuk menjawab setiap kata. Misal satu menit untuk menjawab 3 kata.
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut
- Guru menjelaskan aturan permainan dan membagi peserta didik dalam beberpa kelompok sesuai jenis kelamin.
- Dua peserta ditugaskan untuk menebak nama barang lewat sentuhan pipi. Kedua mata peserta harus ditutup.
- Satu peserta bertugas mengarahkan benda yang harus ditebak menggunakan tongkat dan dilarang untuk bersuara.
- Contoh benda aneh yang bisa disediakan adalah sponge pencuci piring.
- Biasanya reaksi dari peserta yang menebak akan beragam. Dari sini akan timbul canda dan tawa.
- Teruskan permainan hingga menemukan pemenang dari yang paling banyak mampu menebak benda
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut :
- Guru membagi peserta didik dalam dua kelompok yang saling berhadapan.
- Guru menyediakan sebuah kalimat yang telah dipenggal-penggal. Contohnya: main kelereng dipenggal menjadi ma-in-ke-le-reng
- Masing-masing kelompok bergiliran bertugas sebagai yang menebak dan bersuara.
- Kelompok yang bertugas bersuara harus sesuai dengan penggalan frasa yang sudah dipotong.
- Setiap peserta didik dalam kelompok mendapatkan penggalan kata dan bertugas menyampaikan kata penggalan pada lawan dengan keras secara bersamaan.
- Kelompok yang menebak diberikan kesempatan dua kali untuk mendengarkan penggalan kata.
- Biasanya permainan ini akan menimbulkan kebingungan di antara para peserta yang menebak karena kata-kata yang harus ditebak tidak terlalu jelas akibat diucapkan secara bersamaan.
- Setelah itu para peserta berdiskusi dan mulai menyusun rangkaian kata tersebut
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Guru menyediakan sebuah jeruk nipis, katembat, kertas, korek api, dan lilin.
- Para peserta didik diminta untuk memperhatikan peragaan yang akan dilakukan oleh guru.
- Guru membelah jeruk dan mengambil airnya menggunakan katembat.
- Ambil kertas lalu tuliskan sebuah kata menggunakan cairan jeruk yang ada pada katembat.
- Diamkan sebentar. Lalu siapakan sebuah lilin
- Tulisan yang berada di atas kertas tersebut akan tidak namapak. Namun ketika didekatkan dengan api, tulisan tersebut akan terlihat.
- Setelah berhasil, persilahkan para peserta didik untuk mencoba mempraktekkannya
Permainan ini dapat mengakrabkan hubungan di antara peserta. Cara bermainnya:
- Silahakn Ajak seorang peserta untuk memperkenalkan diinya berupa nama dan profesinya dalam sebuah kalimat dan tidak lebih dari tujuh kata. Contoh: nama saya habib, murid SMP Negeri 13 Muaro Jambi
- Lalu minta peserta kedua untuk menyebutkan apa yang dikatakan oleh peserta pertama, dilanjut dengan perkenalan tentang dirinya. Contoh: teman saya habib, murid SMP Negeri 13 Muaro Jambi. Saya muhammad, ketua kelas 9. Demikian sampai setiap peserta mendapatkan gilirannya.
- Jika salah satu di antara peserta tidak dapat mengingat nama rekan sebelumnya, maka ia harus bertanya langsung kepada yang bersangkutan: siapa namamu? Apa yang tadi kamu katakan?
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Mintalah perseta membuat dua kelompok.
- Setiap kelompok harus membuat barisan panjang dan satu sama lain saling menyatu.
- Setiap kelompok harus saling berhadapan.
- Perserta paling belakang sebagai ekor naga dan peserta terdepan sebagai kepala naga.
- Kepala naga harus mengincar ekor naga, dan ekor naga harus menghindar dari kepala naga.
- Saat permainan dimulai, peserta harus bergegas untuk menunaikan misinya.
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Bentuk peserta melingkar.
- Tiap peserta didik harus mendengarkan aba-aba dari guru tentang berapa orang yang harus mereka bentuk dalam sebuah kelompok.
- Jika Guru menyebut 3 , maka peserta harus membentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang dan begitu seterusnya.
- Jika ada peserta didik yang tidak kebagian kelompok maka ia boleh untuk dikenai hukuman sesuai dengan kesepakatan.
8. Permainan Ice Breaking "Harimau Makan Harimau"
Permainan ini melatih daya konsentrasi dan cepat tanggap tiap peserta lewat indra pendengarnya. Guru diharuskan kreatif dalam mendongeng. Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Guru memerintahkan peserta untuk membentuk sebuah lingkaran.
- Kedua telapak tangan peserta diangkat setinggi bahu. Tangan kanan dibuka lebar, sedangkan tangan kiri diletakkan di atas tangan kanan teman sebelahnya.
- Peserta didik harus secepat mungkin menghindar dari tangkapan tangan disebelahnya ketika guru menyebutkan kata harimau saat sedang bercerita
- Peserta didik yang jarinya tertangkap oleh peserta didik lain diharuskan mundur dari permainan.
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Pesrta membentuk kelompok yang terdiri dari 4 atau lima orang.
- Masing-masing keolmpok lalu berbaris lurus
- Setiap peserta membelakangi guru kecuali peserta terdepan
- Peserta terdepan menghadap guru dan mengambil sebuah gambar bisa berupa hewan yang kemudian harus diperagakan agar bisa ditebak oleh peserta lainnya dalam kelompok itu.
- Setelah mengahafal gambar dan menentukan gerakan, peserta terdepan menepuk pundak peserta ke dua lalu memeragakan gerakan objek gambar
- Lalu peserta ke dua lanjut menepuk pundak peserta ke tiga hingga seterusnya
- Peserta terakhir bertugas menebak gambar yang sebenarnya
- Pastikan jarak antar peserta lumayan jauh sampai tidak terdengar suara.
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Guru memegang sebuah spidol
- Apabila guru melempar spidol ke atas, peserta didik diwajibkan untuk bertepuk tangan dan berdesis
- Jika spidol mendarat kembali di tangan guru, peserta harus berhenti bertepuk dan berdesis.
- Trainer dapat mempercepat lemparan spidol agar konsentrasi peserta terganggu.
- Lempar spidol dari jarak yang jauh sampai jaurak terdekat.
- Guru dapat berpura-pura melempar spidol untuk melihat siapa dari peserta yang bertepuk tangan dan berdesis
- Jika di antara peserta terdapat yang bertepuk tangan dan berdesis padahal guru tidak melempar spidol, maka peserta dapat dikenai hukuman sesuai dengan kesepakatan.
11. Permainan Ice Breakng " Berhitung"
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Peserta membentuk lingkaran dengan guru berada di tengahnya.
- Guru menjelaskan aturan main yaitu setiap hitungan kelipatan 2, maka peserta dilarang menyebutkan kelipatan itu dan diwajibkan menggantinya dengan menyebutkan door atau bertepuk tangan
- Guru dapat merubah permainan menjadi tiap kelipatan dua peserta harus menyebutkan nama peserta lain, lau peserta yang namanya disebut harus melanjutkan hitungan.
- Guru dapat mempersulit permainan dengan melarang peserta menyebutkan kelipatan 3, 2, 4. Ketika kelipatan tiga peserta harus bertepuk tangan, tiba di kelipatan 2 peserta harus menyebut door, tiba di kelipatan 4 peserta harus berdiri.
- Peserta yang salah dianggap gugur.
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Peserta dibagi menjadi dua kelompok
- Peserta menyiapkan kertas dan pena
- Satu kelompok dinamai jika dan bertugas menuliskan kalimat yang diawali kata jika, kelompok lain dinamai maka dan ditugaskan menulis kalimat yang diawali dengan kata maka.
- Guru memerintahkan tiap kelompok untuk menuliskan kalimat yang diawali dnegan kata jika maka sebanyak 4 kali.
- Setelah selesai, tiap kelompok mengutus satu peserta untuk membacakan kalimat yang telah dibuat
- Tulisan dibaca bergiliran anatar tulisan jika maka
- Setelah kelompok jika membacakan satu kalimatnya maka kelompok maka harus segera menyambung kalimatnya dengan apa yang sudah ditulis bersama
- Maka biasanya akan terjadi kerancuan yang lucu seprti “jika ahmad sekolah, maka ahmad makan”
13. Permainan Ice Breaking " Tebak-tebakan"
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Rumusnya adalah ini= kambing, yang ini=kucing, kalau yang ini=tikus
- Guru memberi peserta pertanyaan dengan menunjuk jari-jarinya
- Peeserta harus menjawab sesuai kunci permainan
- Guru boleh mengecoh peserta dengan menunjuk sembarang jari-jarinya
- Umumnya peserta akan salah karena terlalu fokus pada apa yang dilihat bukan pada perintah apa yang didengar
- Misalkan guru bertanya ini maka jawabannya kambing
Adapun aturan permainanya adalah sebagai berikut:
- Guru menjelaskan aturan main
- Guru menjelaskan jika jempol adalah saya, telunjuk itu kamu, tengah itu dia, manis itu kami, dan kelingking itu kalian.
- Jika Guru mengangkat telunjuk,maka pseserta harus menjawab kamu. Jika Guru mengangkat jempol dan kelinking, maka peserta harus menjawab saya dan kalian.
- Biasanya peserta akan lambat merespon pertanyaannya
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Guru menerangkan tentang aturan permainan
- Peserta diharuskan mengikuti apa yang dikatak oleh guru
- Contoh “bebek, bebek, rusa, bebek, rusa, bebek” lalu peserta mengikutnya
- Kemudia guru bertanya “berapa jumlah bebek ?’
- Jika peserta kebingungan dan tidak ingat, guru dapat mengulang apa yang ia katakan
Adapun aturan permainanya adalah sebagai berikut:
- Guru menyampaikan aturan main pada perserta
- Kata kuncinya adalah “lakukan apa yang saya lakukan, jangan lakukan yang apa saya katakan”
Contohnya: Guru dapat mengucapkan “pegang telinga”, maka guru harus memegang telinga masing-masing sesuai intruksi guru. - Guru dapat mengecoh peserta dengan mengucap “pegang telinga” tapi guru sendiri memegang tangan. Hal ini dapat mengecoh konsentrasi para peserta
- Peserta yang salah boleh diberi hukuman sesuai dnegan kesepakatan.
Adapun aturan permainanya adalah sebagai berikut:
- Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok
- Setiap kelompok diberi suara tembakan unik oleh guru
- Guru menunjuk tiap kelompok secara acak dan kelompok harus mnegeluarkan suara tembakan uniknya.
- Agar lebih seru, guru dapat menunjuk tiap kelompok secara cepat
18. Permainan Ice Breaking "Tawa Perkenalan"
Adapun aturan permainannya adalah sebagai berikut:
- Guru meninstruksikan peserta untuk membuat sebuah lingkaran
- Peserta menyiapakan pena dan kertas
- Guru mengajak para peserta untuk menuliskan namanya sendiri di bagian pojok kanan atas kertas lalu lipat kertas sampai menutupi nama
- Kertas diputar sampai masing0masing tiap peserta tidak mendapat kertasnya sendiri
- Setelah tiap peserta memperoleh kertas baru, tulis kata kerja tapi jangan sampai menampakkana nama yg ditulis.
- Putar lagi kertas dan tulis lagi sebuah kata keterangan di sisi yang lain pada kertas
- Guru lalu memerintahkan peserta untuk memutar kertas dengan cepat
- Kemudian guru memberi instruksi “stop” agar peserta berhenti memutar.
- Bagi peserta yang tidak mendapatkan kertas atau malah mendapat kertas lebih dari satu, ia harus membacakan isi kertas di depan teman-temanya
- Isinya akan menjadi kalimat lucu yang tidak terduga misal “habib makan di kolam renang”
19. Permainan Ice Breaking "Pagi, Siang dan Malam"
Adapun teknik permainanya adalah sebagai berikut:
- Guru menjelaskan aturan permainan dengan menyebut pagi, siang, malam sambil bercerita
- Syaratnya ketika dalam sebuah cerita itu ada kata pagi maka peserta wajib tepuk 1 kali. Jika terdapat kata siang, maka wajib tepuk tangan 3 kali, jika terdapat kata malam, maka peserta wajib tepuk 2 kali.
- Guru diharuskan sekreatif mungkin dalam menciptakan sebuah cerita yang terdapat kata pagi, siang, dan malam.
- Peserta yang tidak sesuai instruksi dapat diberi hukuman sesuai dengan kesepakatan.
Adapun teknik permainannya adalah sebagai berikut:
Guru memerintahkan peserta untuk berhitung
- Peserta diwajibkan menghafal nomor yang telah ia sebutkan
- Guru mengecek apakah para peserta sudah menghapal nmornya
- Guru dapat menyebutkan angka 3 mkisal, maka peserta yang mempunyai angka 3 harus menjawab “door”dan menyebutkan angka yang lain.
- Angka yang telah disebutkan tidak boleh diulang lagi
- Jika para peserta tidak merespon dalam 3 detik, peserta tersebut tidak dapa mengikuti permainan lagi.
- Jalankan permainan hingga menyisakan satu orang.
Demikianlah artikel yang berjudul 20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran
Terima kasih telah membaca artikel 20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran, semoga dapat memberi manfaat untuk sahabat semua. Akhir kata, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Sahabat telah membaca artikel berjudul 20 Permainan Ice Breaking yang Menarik dalam Pembelajaran dengan alamat link https://garitan.blogspot.com/2019/07/20-permainan-ice-breaking-yang-menarik.html
Advertisement
0 komentar:
Posting Komentar